Senin, 06 Januari 2014

Rumus Fisika | Kumpulan rumus Fisika dari massa Jenis sampai Getaran


Rumus Fisika | Kumpulan rumus fisika dari massa jenis sampai getaran


Nah yang satu ini itu post tentang Kumpulan Rumus Fisika langsung aja yooo,,, !!!1
Berikut adalah kumpulan Rumus Fisika yang sering digunakan. Mulai dari Massa jenis zat, pemuaian, kalor, gerak lurus, gaya dan lain sebagainya. Silahkan disimak Rumus Fisika dan semoga bermanfaat.

Rumus Fisika MASSA JENIS ZAT

Massa Jenis zat adalah tiap satuan volume. Massa jenis merupakan ciri khas setiap jenis benda. Massa jenis zat dapat dihitung dengan rumus berikut :
Rumus Fisika Massa Jenis  dimana:  p = massa jenis (kg/m3 ) m = massa benda (kg atau g) V = (m3 atau cm3)

Rumus Fisika PEMUAIAN

  1. PemuaianPemuaian panjang dari berbagai zat padat dapat diselidiki atau diukur dengan menggunakan alat yang disebut musschenbroek. Pemuaian panjang suatu zat padat dapat dicari dengan rumus :Rumus Fisika muai panjangdimana :Lt = panjang akhir (m)L0= panjang awal (m)α = koefisien muai panjang (/oC)Δt  = kenaikan suhu (oC)
  2. Pemuain LuasSuatu zat padat akan mengalami pemuaian luas jika zat tersebut kita panaskan, misalnya sebuah plat baja kita pansakan maka baja tersebut akan mengalami pemuaian, panjang dan lebarnya bertambah, pemuaian luas dapat dicari dengan rumus :Rumus Fisika muai luasdimana :At = luas akhir (m2)A0 = luas awal (m2)β = koefisien muai luas zat (/oC)Δt = kenaikan suhu (oC)
  3. Pemuaian VolumeJika benda yang dipanaskan pasti akan mengalami pertambahan panjang, lebar dan tinggi. Maka benda tersebut mengalami pemuaian volume. Pemuaian volume dapat dicari dengan rumus :muai volumedimana :Vt = volume akhir (m3)V0= volume awal (m3)γ = koefisien muai volmue (/oC)Δt = kenaikan suhu (oC)

KALOR

Rumus Fisika Kalor adalah suatu bentuk  yang secara alami berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah. Persamaan kalor untuk perubahan suhu sebagai berikut : kalor jenisdimana :Q = kalor yang diserap atau dilepaskan (joule)m = massa (kg)c = kalor jenis zat (J/kgoC)Δt= perubahan suhu (oC)
  1. Kalor LeburKalor lebur adalah banyaknya kalor untuk mengubah 1kg zat padat menjadi cair pada titik leburnya. Rumusnya adalah : kalor leburdimana :Q =  kalor yang diserap atau dilepaskan (joule)m = massa (kg)L = kalor lebur (j/kg)
  2. Kalor UapKalor uap adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk mengubah 1kg zat cair menjadi uap seluruhnya dapa titik didihnyakalor uapdimana : Q =  kalor yang diserap atau di lepaskan (joule)m = massa zat (kg)U = kalor uap (j/kg)

GERAK LURUS

  1. Rumus Fisika Gerak Lurus beraturan (GLB)suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus apabila benda menempuh lintasan lurus dan dalam setiap selang waktu yang sama, benda menempuh jarak yang sama dan apabila benda bergerak dengan kecepatan dan kelajuan tetap. Persamaan untuk Gerak Lurus Beraturan sebagai berikut :Rumus Fisika GLB 2dimana :s = jarak (m)v = kecepatan (m/s)t = waktu (sekon)
  2. Rumus Fisika Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)Gerak Lurus Berubah Beraturan adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang berubah secara teratur setiap setik. Persamaannya adalah :GLBB 1  GLBB 2GLBB 3dimana :s = jarak (m)V0 = kecepatan awal (m/s)Vt = kecepatan akhir (m/s)a = percepatan (m/s2)

Rumus Fisika GAYA

Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat mengubah kecepatan, arah dan bentuk suatu benda. Persamaan Gaya : Gayadimana :ΣF = gaya (newton)m = massa (kg)a = percepatan (M/s2)

TEKANAN

Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja pada benda tiap satuan luas. Rumusnya adalah :  Tekanandimana : P = tekanan (N/m2)F = gaya (newton)A = luas bidang tekanan (m2)
  • Tekanan HidrostikTekanan Hidrostik adalah tekanan zat cair yang disebabkan oleh berat zat itu sendiri. Rumusnya adalah :Rumus Fisika Tekanan Hidrostikdimana :Ph = tekanan hidrostik (N/m2)p = massa jenis zat (kg/m3)g = ketinggian / kedalaman (m)h = percepatan gravitasi (10m/s2)

USAHA DAN ENERGI

  1. Usaha adalah suatu proses yang dilakukan untuk memudahkan kedudukan suatu benda. Rumusnya sebagai berikut :usahadimana :W = usaha (J)F = gaya (N)S = perpindahan (m)
  2. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. Bentuk-bentuk energi
    1. Energi kinetikAdalah energi yang dimiliki sesuatu yang bergerak. secara matematis energi kinetik di rumuskan :energi kinetikdimana :Ek = energi kinetik (j)m = massa (kg)v = kecepatan (m/s)
    2. Energi potensialDimiliki karena kedudukannya. Rumusnya :energi potensialdimana :Ep = energi potensial (j)m = massa (kg)g = percepatan gravitasi bumi (m/s2 )h = ketinggian dari tanah (m)
    3. Eneri mekanikjumlah energi kiteik dan energi potensial. Rumus :energi mekanikdiamana :Em = energi mekanikEp = energi potensialEk = energi kinetik

GETARAN

Rumus Fisika Gerakan merupakan gerakan bolak balik secara teratur melalui titik setimbang
  1. Periode getaranWaktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran penuh. diukur dalam satuan sekon. Rumusnya :Periode getarandiamana :T = periode getaran (s)t = lama waktu bergetar (s)n = jumlah getaran
  2. Frekuensi getaranJumlah getaran yang terjadi tiap detik. Rumusnya :Frekuensi getarandiamana :f = frekuensi getaran (Hz)n = jumlah getarant = lama waktu bergetar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Wikipedia

Hasil penelusuran

Blogroll

Flag Counter

Translate